11 Cara Mengatasi Laptop Lemot - Think on Bytes
Terhangat
Loading...

Thursday, February 20, 2020

11 Cara Mengatasi Laptop Lemot


Komputer atau laptop menjadi benda yang umum dikehidupan kita saat ini, setiap kantor memilikinya karena memang bisa memudahkan pekerjaan. Setelah digunakan beberapa lama biasanya komputer akan mengalami penurunan performa dikarenakan banyak faktor.

Beberapa faktor tersebut pada umumnya adalah file sampah, virus, komponen yang kotor dan lain-lain. Menurunnya performa tentu akan menghambat proses kerja kita dengan komputer, padahal cara mengembalikan performa komputer tidaklah sulit. Simak tips bermanfaat berikut ini agak komputermu kembali kencang seperti semula.

Hapus Program yang Tidak Digunakan



Saat menggunakan komputer kita sering meng-install banyak program, meskipun akhirnya tidak kita gunakan. Terkadang kita lupa dan membiarkan begitu saja program tersebut ada dikomputer kita, inilah salah satu yang membuat komputermu menjadi lambat.

Coba pergi ke Control Panel dan pilih uninstall dan cari program apa saja yang jarang atau tidak pernah kamu gunakan lalu hapus program tersebut.

Gunakan SSD



Untuk laptop, sudah banyak varian laptop yang memiliki SSD berdampingan dengan HDD. SDD biasanya digunakan untuk menyimpan file sistem operasi dan program yang sering digunakan. Menggunakan SSD bisa membuat loading program dan proses booting komputer menjadi lebih cepat.

Jika kamu berencana merakit PC atau membeli laptop, pertimbangkan untuk membeli SSD untuk kinerja yang lebih cepat. Dikutip dari Nokturnal.id, perlu kamu ketahui bahwa disarankan untuk tidak menggunakan kapasitas SSD-mu lebih dari 75% dari kapasitas yang dimilikinya karena bisa mempengaruhi p

Tambah Kapasitas HDD



Seringkali jika kapasitas HDD yang kamu miliki kepenuhan, performanya akan turun secara drastis. Ini adalah salah satu kekurangan HDD. Jadi jika HDD kamu sudah kepenuhan, pertimbangkan untuk menambahkan HDD lain atau memindah data ke tempat penyimpanan lain, misalnya HDD eksternal atau cloud storage.

Disable Aplikasi pada Saat Startup



Saat startup atau pertama kali menyalakan komputer, terdapat beberapa aplikasi yang akan langsung menyala secara bersamaan. Nah jika aplikasi seperti ini terlalu banyak jumlahnya, hal ini bisa membuat proses booting menjadi lebih lama, apalagi kamu belum menggunakan SSD.

Caranya, buka Task Manager, pilih tab Startup lalu pilih aplikasi yang ingin kamu disable. Klik kanan di aplikasi dan klik Disable.

Tambah Kapasitas RAM



RAM yang sempit dan penggunaan aplikasi yang cukup banyak juga mempengaruhi kinerja komputer. Jika laptop kamu memiliki slot RAM yang belum digunakan, besar kemungkinan kamu bisa menambah kapasitasnya.

Opsi ini jauh lebih mudah jika kamu menggunakan desktop PC karena kamu bisa menambah kapasitas RAM sesuka kamu.

Bersihkan Segala File Sampah Secara Rutin


File sampah ini bisa dihasilkan dari berbagai aktivitas dan aplikasi, membersihkannya secara manual pasti akan memakan waktu dan cukup ribet. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi seperti CCleaner untuk memberikannya secara otomatis.

Hapus Malware dan Virus



Adanya malware ataupun virus bisa saja menjadi penyebab laptop atau komputermu lemot. Coba install antivirus terbaik yang kamu punya atau gunakan software penghapus malware seperti Malwarebytes. Penting untuk diingat, jangan menggunakan antivirus hasil crack, karena bisa berbahaya untuk sistem komputermu. Dan akan lebih baik lagi kalau kamu bisa membeli versi premium.

Install Ulang



Jika laptop atau komputermu tetap lemot setelah melakukan banyak hal, coba untuk melakukan fresh install. Coba untuk menginstall ulang sistem operasimu, sehingga laptopmu akan mendapatkan sistem yang fresh tanpa software ataupun malware yang jadi penyebab lemotnya laptop atau komputermu.

Bersihkan Komponen Komputermu Secara Rutin



Kamu juga perlu melakukan perawatan komputer dari segi hardware. Debu akan menutup lubang ventilasi sehingga komponen komputer tidak mendapatkan cukup udara untuk mendinginkan dirinya, ini juga bisa menyebabkan performa menurun.

Untuk desktop PC akan lebih mudah membersihkan ventilasi karena lebih besar, sedangkan untuk laptop mungkin ada baiknya kamu pergi ke tukang servis laptop terpercaya dan meminta mereka membersihkan hardware laptopmu.

Ganti Pasta Thermal Prosesor



Di prosesor terdapat pasta yang fungsinya menghantarkan panas dari prosesor ke heatsink, dan pasta ini bisa kering setelah sekian lama komputer digunakan. Pastikan kamu menggantinya dengan yang baru setelah beberapa bulan atau mungkin tahun, pasta ini cukup awet jadi membeli yang kualitasnya bagus tidak akan membuatmu rugi.

Beli Komputer atau Laptop Baru



Terkadang setelah semua tips dicoba, performa komputer tidak bisa kembali seperti yang kita inginkan. Mungkin karena umurnya yang sudah tua atau sudah tidak mendukung software-software terbaru.

Membeli komputer baru menjadi solusi terbaik untuk mendapatkan performa yang kamu inginkan.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done